Translate

Seni dan Kebudayaan Papua

Pulau apa yang paling Luas dan Paling Terjal Keadaan Geografisnya, yang terletak di ujung Timur Indonesia, Sudah pasti Jawabnya adalah Papua, yah Pulau yang Terkenal dengan Cartenz Pyramid, yang memiliki salju abadi di puncaknya, menjadi daya tarik tersendiri, bagi para wisatawan. kemudian Lautnya yang Terkenal Jernih dengan Pemandangan yang begitu Eksotik dan Biota laut yang masih langka pun ada di Papua.

hmmm..... Memang Tidak akan Habis kalau kita membahas Kekayaan Alam dan Kebudayaan Indonesia, dan sudah sepatutunya kita harus bangga terlahir sebagai Bangsa Indonesia, kalau Blog saya ini membahas Semua kebudayaan yang ada di Indonesia, mungkin tidak cukup, kalaupun cukup pasti akan menghabiskan banyak biaya, karena semua budaya itu musti dipelajari terlebih dahulu, Untuk di posting, Untuk itu dalam Blog milik saya ini, hanya mempubliskan tentang Seni Kebudayaan dan Tradisi Papua,  yang menurut saya, masih kurangannya eksploitasi soal Seni Kebudayaan Papua.

Alat Musik Tifa Yang Di Pajang
Di Sheraton Hotel Papua

Baiklah Kita Mulai Untuk Mengenal Alat Musik Tradisional Papua, Yaitu Tifa.yang merupakan Salah satu nama alat musik tradisional yang paling terkenal yang berasal dari Papua. Alat musik Tifa merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Papua dan juga Malukua. Bentuk alat musik Tifa ini lebih mirip gendang dan cara memainkannya Tifa adalah dengan cara dipukul. Alat musik Tifa terbuat dari bahan sebatang kayu yang isinya sudah dikosongkan serta pada salah satu ujungnya ditutup dengan menggunakan kulit hewan rusa sudah dikeringkan.

Hal ini dimaksudkan agar menghasilkan suara yang bagus dan indah. Alat musik ini sering di mainkan sebagai istrumen musik tradisional dan sering juga dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional, seperti Tarian perang, Tarian tradisional asmat,dan Tarian gatsi.

Tarian Tradisional Daerah Papua
Terdapat berbagai macam tari-tarian dan mereka biasa menyebutnya dengan Yosim Pancar (YOSPAN) yang sudah saya bahas tetang sejarahnya pasa Postingan saya yang lalu, bisa di lihat disini tentang Yospan. Selain itu juga terdapat tari - tari daerah lainya seperti seperti tari Gale-gale, tari Pacul Tiga, tari Seka, Tari Sajojo, tari Balada serta tari Cendrawasih. Tarian tradisional Papua ini sering di mainkan dalam berbagai kesempatan seperti untuk penyambutan tamu terhormat, penyambutan para turis asing yang datang ke Papua serta dimainkan adalah dalam upacara adat.

Pakaian Adat Tradisional Papua
Pakaian adat Papua untuk pria dan wanita hampir sama bentuknya. Pakaian adat tersebuta memakai hiasan-hiasan seperti hiasan kepala berupa burung cendrawasih, gelang, kalung, dan ikat pinggang, biasaya gelang dan kalung di buat dari Biota laut seperti Kerang Dll dan ada juga terdapat hiasan manik-manik, serta rumbai-rumbai pada pergelangan kaki.

Rumah Adat Papua

Rumah Adat Papua (Honai)
Honai yang Merupaka Rumah adat Asli Papua  yang dihuni oleh Suku Dani. Bahan yang di gunakan untuk membuat rumah Honai adalah kayu dan atapnya berbentuk bulat dan ada juga kerucut yang terbuat dari jerami atau ilalang. Rumah tradisional Honai mempunyai pintu yang kecil dan tidak berjendela. Umumnya rumah Honai terdiri dari 2 lantai yang terdiri dari lantai pertama untuk tempat tidur sedangkan lantai kedua digunakan sebagai tempat untuk bersantai, makan, serta untuk mengerjakan kerajinan tangan.



Sumber Foto :Tifa  - nisyeworu.blogspot.com
                         Honai : ysobcomolimblogspot.blogspot

ISI widget Disini
Informasi Dan BudayaBerlangganan Artikel Kami
Melalui Email :
DMCA.com
ads

Ditulis Oleh : Qizary Numbay Hari: 14.54 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Mengunjungi Artikel Kami
Tinggalkan Komentar Berupa, Saran Dan Kritik Bila Artikel Kami Bermanfaat.
Jangan Meninggalkan Komentar yang Bersifat
SPAM, SARA, P*RN*GRAFI,

 

Arsip

Blogger Directory

Harsal Ashary - Find me on Bloggers.com