Translate

Zodia Tanaman Pengusir Nyamuk

Di Papua ada tanaman yang bisa di gunakan sebagai pengusir Nyamuk, Nama dari tanaman tersebut ialah Zodia (Evodia Suaveolens), telah di gunakan penduduk setempat dengan cara menggosokan daunya ke kulit.

Tanaman ini memiliki tinggi antara 50cm hingga 200cm (rata-rata 75cm), dipercaya mampu mengusir nyamuk dan serangga lainnya dari sekitar tanaman. dan kini tanaman Zodia telah sering ditanam pada pekarangan atau di pot yang ditempatkan pada area tempat sirkulasi udara pada ruangan untuk menghalau nyamuk, Tanaman Zodia mengeluarkan aroma yang cukup wangi, Biasanya tanaman ini mengeluarkan aroma apabila daunnya saling menggosok.

Tanaman zodia

Tanaman ini akan sangat berfungsi bila di tanam secara luas pada lingkungan RT/RW atau kelurahan,  bila hanya 1 ruma tangga, wangi dari tanaman ini tidak mampu memerankan Fungsinya, untuk menghalau nyamuk di lingkungan RT/RW atau Kelurahan.

Tanaman ini sangat mudah diperbanyak, yaitu melalui biji dan stek ranting. Biasanya apabila kita sudah memiliki tanaman yang sudah berbunga dan berbiji, maka bijinya akan jatuh dan tumbuh disekitar tanaman. Saat ini, harga bibit tanaman yang baru tumbuh dapat mencapai Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 per pohonnya, tanaman dengan tinggi sekitar 20 cm di dalam pot dapat mencapai harga Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000 per pohonnya, sedangkan tanaman yang sudah mulai berbunga dapat mencapai Rp. 75.000 hingga Rp. 100.000, bahkan yang sudah berbiji dapat mencapai Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000. Memang harga tanaman ini masih mahal karena masih tergolong langka dan bagi mereka para pengusaha tanaman, kesempatan ini merupakan peluang yang baik untuk berbisnis.

Dari Hasil LAB
Zodia (Evodia suaveolens)  termasuk ke dalam keluarga Rutaceae,  mengandung evodiamine dan rutaecarpine. Dari beberapa literatur, tanaman ini bermanfaat sebagai anti-kanker. Menurut hasil analisa yang dilakukan di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) dengan gas kromatografi, minyak yang disuling dari daun tanaman ini mengandung linalool (46%) dan a-pinene (13,26%) di mana linalool sudah sangat  dikenal sebagai pengusir (repellent) nyamuk.

Tanaman Zodia
Dari pengujian yang dilakukan penulis terhadap nyamuk demam berdarah (Aedes aegypti) yang sering membuat heboh masyarakat, yaitu dengan cara menggosokkan daun zodia ke lengan, lalu lengannya dimasukkan ke kotak yang berisi nyamuk demam berdarah dan dibandingkan dengan lengan yang tanpa digosok dengan daun zodia, menunjukkan bahwa daun zodia mampu menghalau nyamuk selama enam jam dengan daya halau (daya proteksi) sebesar lebih dari 70%.

Selain itu, lengan yang digigit oleh nyamuk demam berdaarah akan cepat sembuh (bentol dan gatal) apabila digosok dengan daun zodia. Hal ini merupakan harapan baru untuk menghalau serangan nyamuk demam berdarah di masa mendatang, yaitu dengan gerakan kembali ke alam dengan memanfaatkan tanaman di sekitar kita untuk memerangi penyakit demam berdarah.

Sumber : http://www.plantamor.com/index.php?plant=1339

Foto Oleh : google images

ISI widget Disini
Informasi Dan BudayaBerlangganan Artikel Kami
Melalui Email :
DMCA.com

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 09.53 Kategori: