Translate

Sejarah Cartenz Pyramid

Tahun 1623 Navigator dari Belanda J. Cartenz adalah orang pertama yang membawa kabar ke daratan Eropa tentang adanya puncak es dinegara tropis di garis equator Barat Papua Nugini. dan Laporan J Cartenz ini menjadi bahan tertawaan oleh publik.

di tahun 1913 seorang naturalist (Ahli dibidang botani dan zoology) asal Inggris AFR Wollaston berhasil mencapai hidung glaiser di sisi selatan Carstensz setelah melalui perjalanan melelahkan melewati hutan dipesisir selatan Papua, dalam perjalanan itu membutuhkan waktu 92 hari untuk mencapai 50km terakhir.


Tim dari Belanda di pimpin DR. A.h Colijn dengan bantuan pengamatan udara dan logistik berhasil mencapai gunung Tetangga Nggapulu (4.846m) di tahun 1936, Ia gagal menaklukan Cartensz Pyramid melalui sisi timur dan diding Utara namun menghasilkan peta yang amat berguna. Peta itu di dipublikasikan bersamaan dengan foto areal dalam berbagai sisi. Seorang ahli geologi  yang ada di tim ini J V Dozy adalah orang pertama yang menemukan deposit tembaga di gunung Grasberg


1961 P Temple memimpin tim beranggotakan 6 orang dari New Zealand menuju Carstensz Massif lewat Wamena dengan pesawat udara. Namun pengaturan logistik lewat droping melalui pesawat tidak pernah dikirimkan sehingga mereka tidak mampu mencapai puncak.


1962 Carstensz Pyramid pertama kali didaki oleh sebuah tim dari Austria H Herrer (bukunya Seven Years in Tibet) dengan guide P Temple. Dua anggota tim lainnya adalah seorang pegawai distrik dari Belanda A Huzenga dan R Kippax dari Australia. Suplai logistik dilakukan dengan pesawat udara. Mereka mendekati area Carstensz dari Illaga menuju Utara -sebuah jalur yang telah dibuka oleh kaum misionaris dengan pesawat ringan sejak PDII. Cara ini kemudian menjadi salah satu standar jalur dari Sisi Utara.

1971 Reinhold Messner dari Italia membuat percobaan menuju puncak untuk kedua kalinya dengan seorang klien dari Italia S Bigarella.  Mereka mendaki bagian tajam sisi Timur gunung dan kembali ke Illaga dalam kondisi tanpa makanan selama lima hari.

1972 Sebuah ekspedisi dari Inggris D Isherwood, L Murray dan J Baines mendaki sisi utara Cartensz Pyramid dengan memakai jalur langsung menuju puncak imur. Ini adalah rute pertama yang menggunakan jalur langsung melalui dindingnya. Isherwood melakukan climbing solo untuk  pertama kali di Sisi Utara dari gunung tetangga Sunday Peak (Puncak Minggu) dari danau Larson.

1973 Cartensz didaki secara solo dengan rute baru untuk pertama kalinya oleh seorang anak muda dari Amerika B Carson. Tim-nya mendaki gunung ini 3kali dengan salah satunya adalah dengan orang Indonesia pertama E Wurjantoro

1978 P Boardman dan Hilarry Collins dari Inggris adalah orang pertama yang mendaki sisi Selatan Carstensz. Mereka turun melalui sisi utara (rute 1962) menjadikan prestasi melintasi gunung. Mereka juga adalah orang pertama yang mencoba sisi utara-barat. Hilary juga tercatat sebagai wanita pertama yang mendaki Carstenz.

Buku World Mountaineering (The World's Great Mountains By the 
World's Great Mountaineers 2005)

Di Kutip Dari : http://www.cartenzadventure.com/Cartenz-Pyramid.html

ISI widget Disini
Informasi Dan BudayaBerlangganan Artikel Kami
Melalui Email :
DMCA.com

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 17.36 Kategori: