Translate

Cara Mengetahui ID Hardware

Salam Blogger - ketemu lagi dengan artikel terbaru pada blog greenbirepapua, dan mohon maaf karena keterbatasan waktu sehingga greenbirepapua jarang update Artikel.

Dalam postingan kali ini saya ingin memberikan sedikit tips. "nah kenapa sedikit :P harusnya banyak tipsnya" hehehe... kan sudah saya tulis di atas, itu karena keterbatasan waktu :).

Pada info komunikasi yang sudah canggih ini, ternyata masih ada sahabat - sahabat yang mengalami kesulitan ketika mencari sesuatu yang mereka inginkan, salah satunya yaitu Driver Hardware pada komputer, laptop/notebook.  Umumnya sahabat mencari Driver Hardware pada search engine dengan cara penulisan dengan keyword seperti "Driver: Merek Laptop: Tipe" contoh seperti : Driver Aspire 5233. ternyata dengan cara seperti itu belum sepenuhnya work apalagi mencari driver laptop yang sudah mendekati ujur, akan begitu sulit mendapatkanya, kalau pun dapat itu belum 100% work. itu di akibatkan karena terlalu banyaknya keyword jebakan pada mesin pencari di internet.

Sebenarnya sudah banyak software Pembantu untuk mencari Driver, namun masih banyak yang belum begitu paham cara menggunakannya atau mungkin ragu karena takut komputernya terkena virus. dan untuk software untuk mendeteksi Driver, akan Greenbirepapua bahasa di lain waktu.

Di Postingan ini, saya akan berusaha memberikan tips yang sudah sering saya gunakan untuk mencari driver dan sahabat bisa mengikuti cara - cara yang saya tuliskan ini.

Pada umumnya setiap driver yang ada pada komputer memiliki merek dan merek tersebut mempunyai Device Id atau Kode Identitas. contohnya seperti Driver Chipset Intel dengan Device Id PCI\VEN_8086&DEV_1A31&REV_04. namun tidak semua merek itu memiliki kode yang sama. "lalu bagaimana cara mengetahui kode identitas tersebut?"  untuk mengetahui cara tersebut akan saya bagikan tipsnya pada postingan ini. Sebaiknya langsung saja yah dari pada pajang lebar karena dengan sedikit penjelasan di atas pasti sudah pada paham.

Langkah Pertama, sahabat bisa klik kanan di Icon MyComputer biasanya pada XP atau pada Windows7 Computer lalu pilih Manage akan keluar jendela seperti yang ada pada gambar :



Kemudian pilih Device Manager. Akan keluar List Driver apabila driver tidak terdeteck akan kelihatan Unknow Device, biasanya ber ICON "?" berwarna kuning

Klik kanan pada unknow device lalu pilih properties, akan kelihatan dari device tersebut.

Dibawah window properties, pilih tab Details dan pilih Device Instance ID dibawah drop down box yang ada. Pada Windows7 Hardware Ids akan muncul Tulisan seperti  PCI\VEN_8086&DEV_1A31&REV_04

Setelah mengetahui Device Id pada Driver yang kita maksud (Unknow Divice) copy kode device tersebut lalu simpan ke notepad sahabat, lalu kunjungi web devid.info yang merupakan database Hardaware, paste Device Id tersebut ke kolom search dan Selamat Sahabat telah menemukan Driver yang di cari :)

ISI widget Disini
Informasi Dan BudayaBerlangganan Artikel Kami
Melalui Email :
DMCA.com

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 17.12 Kategori: