Translate

Kenapa Perempuan Tidak Tertarik Bekerja Di Dunia IT

Selama ini Pekerjaan yang menyangkut dunia IT selalu di geluti oleh kaum laki - laki dan sedikit dari kaum perempuan yang menggeluti pekerjaan pada dunia IT, dan kebanyakan dari wanita itu menganggap Dunia IT itu hanya menyangkut Email dan facebook.

su:ictwatch

Super geek atau "penggemar" tekhnologi yang di tunjuk oleh yahoo pada bulan lalu, sebagai presiden direktur, dan tidak ada yang aneh, kecuali bila wanita sedang mengandung

meski bos tekhnologi wanita seperti Marissa Meyer bukan hal yang terlalu langka, penunjukannya memicu lebih banyak pemberitaan dibandingkan jika ia adalah lelaki.
jadi kenapa ketika tekhnologi menjadi bidang yang semakin populer. tidak ada banyak keinginan untuk bekerja di dunia IT ( Tekhnologi Informasi), terutama bagi perempuan?

Negera Inggris, 84% profesional IT adalah para laki - laki.

Banyak perusahaan yang menginginkan keterlibatan perempuan, dalam survey yang dilakukan oleh perusahaan rekrutmen IT CW Jobs, 64% mengatakan perusahaan akan diuntungkan jika ada lebih banyak perempuan di kantor.

"Ada konsep bahwa pria yang bekerja di bidang IT berambut panjang dan duduk di ruang minim udara membuat program sepanjang hari," kata direktur website perusahaan itu Richard Nott.

Kelompok Java

Citra ini dimulai di sekolah, menurut salah seorang guru.

"Perempuan tidak melihat IT sebagai bidang kreatif. Akibat gambaran seorang 'geek' atau penggemar teknologi dalam ruangan mengetik barisan kode," kata Peter Mapstone, kepala IT di sekolah King Edward VI di Hampshire.

Perbedaan gender menjadi semakin jelas selama pelajaran IT, meski tidak ada perbedaan dalam kemampuan, menurut Carol Dawkins, seorang pengajar IT di Sekolah Toynbee di Chandlers Ford.

"Anak lelaki lebih bersikap, 'Ayo lakukan', mereka tidak keberatan membuat kesalahan. Mereka lebih percaya diri di sekitar teknologi, sedangkan anak perempuan sedikit pemalu, dan akan mundur sebelum mulai," kata dia.

Poin itu digambarkan dengan sempurna oleh kelompok ekstrakurikuler Toynbee yang bernama kelompok Java, hanya anak lelaki yang mendaftar.

"Bagi anak lelaki, meretas Linux adalah zona nyaman mereka, sedangkan bagi anak perempuan, teknologi adalah email dan Facebook," kata Dawkins.

Ketika pencipta maestro IBM Mandy Chessel bersekolah, ia mengatakan ia "tidak mendapat memo yang mengatakan bahwa anak perempuan tidak tertarik pada matematika dan sains."

Namun ia tersadar ketika ia bergabung dengan teman-teman sekelasnya dan menyadari bahwa ia adalah satu-satunya anak perempuan.

Kini bekerja di kantor IBM di Hershley, Chessel sudah terbiasa bekerja di lingkungan yang didominasi oleh pria.

Hal itu tidak pernah mengekangnya dan kini ia menjadi salah satu dari sedikit teknisi senior wanita di IBM dan baru-baru ini menerima penghargaan Wanita dalam Teknologi dari Cisco.

Dan ia jelas mengatakan adanya kebutuhan akan perempuan di level senior perusahaan-perusahaan teknologi.

"Anda bisa menjadi seorang pemimpin dan anda bisa memimpin dengan cara yang feminin," kata dia.

Baginya, hal ini berarti penekanan kolaborasi yang lebih besar.

"Bagi peran-peran teknologi yunior, kerap penekanannya adalah kemampuan logika yang bisa jadi membuat perempuan menjauh, tapi sebagian besar sistem saat ini adalah kerja tim," kata dia.

Bos baru Yanoo Mariss Meyer berjanji akan membahas isu mengenai sedikitnya perempuan di industri teknologi, tetapi hal itu tampaknya tidak akan mudah.

Bulan lalu, Microsoft harus meminta maaf setelah bocornya sejumlah kode yang bernama 'big boobs' ('dada besar'). (su: tekhno.kompas.com)

ISI widget Disini
Informasi Dan BudayaBerlangganan Artikel Kami
Melalui Email :
DMCA.com

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 03.44 Kategori: