Translate

Ironis : Pengidap HIV/AIDS Di Papua Meningkat

Gambar:Ruanghati

Dalam bulan Agustus ini data yang tercatat 12.187 kasus HIV/AIDS di Provinsi Papua, menurut pajebat Gubernur Papua Syamsul Arief Rifai, Senin (6-8-2012), di lingkungan Pemerintahan Provinsi Papua. Di Jayapura dalam 10 tahun terakhir, kasus HIV/Aids cenderung naik.

Dalam data catatan Komisi Penanggulangan HIV/AIDS PAPUA ( KPA PAPUA ), kasus ini tak hanya di temukan di wilyaha pesisir Papua, namun telah merambat hingga ke wilayah - wilayah pedalaman, sepeti Jayawijaya dan Pania.

"Yang membuatnya prihatin, dari total angka kasus itu, sebagian besar korban telah mengidap AIDS. Artinya, sebagian besar ditemukan telah sakit berat," kata Syamsul Arief Rifai.

Pemerintah, tuturnya, terus berupaya mengobati dan mencegah penularan kasus tersebut. Namun, di sisi lain, saat ini pemerintah Papua pun dihadapkan pada beberapa kendala, seperti terbatasnya jumlah tenaga kesehatan serta sarana dan prasarana.

Saat menyampaikan sambutan dalam Peluncuran Program Peningkatan Akses dan Kualitas Pelayanan HIV/AIDS di Provinsi Papua itu, Syamsul Arief Rifai mengatakan, saat ini pemerintah telah mengembangkan laboratorium pusat rujukan untuk AIDS, tuberkulosis, dan malaria di Papua.(Su:Kompas)

ISI widget Disini
Informasi Dan BudayaBerlangganan Artikel Kami
Melalui Email :
DMCA.com

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 13.54 Kategori: